STMIK IKMI Gelar Workshop Practical Machine Learning

STMIK IKMI Cirebon menggelar Workshop Practical Machine Learning Computing with R Studio. Kegiatan ini merupakan upaya meningkatkan kompetensi di bidang pemrograman.

Workshop digelar di Aula STMIK IKMI Cirebon Kamis-Jumat (12-13/11), diikuti oleh sekitar 20 dosen dari berbagai program studi.

Menurut Yudhistira Arie Wijaya, workshop tersebut digelar untuk meningkatkan kemampuan dosen menggunakan R Studio dengan berbagai tools yang dimilikinya. Saat ini, RStudio juga tengah menjadi tren di dunia IT.

“Kita menginginkan setiap dosen itu mampu dan menguasai dan meng-upgrade. Supaya nanti bisa mengajarkan kepada mahasiswanya dengan RStudio dan tools lain,” demikian ucap Yudhis.

Untuk diketahui, R Studio adalah integrated development environment (IDE) untuk bahasa permrograman R. Ini merupakan perangkat paling mutakhir yang dikembangkan di dunia teknologi Informasi.

R mempunyai keunggulan untuk melakukan analisis data (data analysis), artificial intelligence, machine learning, business analytic, data mining, data science, econometrics computing dan apapun persoalan analisis dan pengolahan data.

Yudhis melanjutkan, sebagaimana visi misi STMIK IKMI Cirebon yang bertekad untuk menjadi perguruan tinggi yang unggul di bidang artificial intelligence (kecerdasan buatan). Workshop ini memberikan arti penting. Machine learning computing merupakan salah satu cabang dari kecerdasan buatan.

“Untuk menuju ke arah sana, harus dimulai dari peningkatan sumber daya manusia unggul di bidangnya masing-masing,” tuturnya.

Pada dasarnya, sambung dia, workshop ini digelar untuk mengupgrade kemampuan dosen di bidang IT. Bagi STMIK IKMI seluruh dosen bidang apapun, baik itu mata kuliyah pancasila atau bahasa Inggris dan bidang lainnya, juga penting mengikuti workshop ini. “Ini menjadi tekad kami sebagai perguruan tinggi yang unggul di bidang artificial intelligent,”




https://www.radarcirebon.com/2020/11/14/stmik-ikmi-bertekad-unggul-di-bidang-ai/