STMIK IKMI CIREBON MENGGELAR WORKSHOP PANDU DIGITAL DAN LOKAKARYA

Kegiatan Workshop ini digelar pada hari Rabu, 5 Mei 2021 yang diselenggarakan secara daring oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Workshop ini bertujuan agar peran masyarakat bisa semakin berkembang, dengan adanya Pandu Digital yang merupakan era transformasi digital dalam meningkatkan ekonomi pedesaan, melalui pemberdayaan UMKM/IKM, pariwisata, pendidikan dan kesehatan.

STMIK IKMI Cirebon sebagai salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di kota Cirebon telah menjadi provider serta telah berkiprah dalam pemberdayaan masyarakat. Melalui kegiatan Workshop ini dihadiri oleh 3 narasumber diantaranya :

1. Bapak Dian Ade Kurnia, M.Kom selaku Wakil Ketua I Bidang AKademik STMIK IKMI Cirebon (Student PhD University Teknikal Malaysia, Malaka)
2. Bapak Andri Johandri selaku Litbang RTIK Indonesia 2018-2021 / Phytonesia.org
3. Bapak Idham Kholid dari RTIK Kabupaten Cirebon

Dalam bahasan Workshop ini salah satu yang menarik adalah bagaimana keterkaitan antara transformasi digital terhadap implementasi yang dihasilkan dari penerapan Algoritma. Algoritma Machine Learning salah satunya, yaitu klasifikasi / clustering dari suatu data, sehingga bisa menghasilkan aplikasi dari disiplin ilmu kecerdasan buatan (Artificial Intelligence / AI) yang menggunakan teknik statistika untuk menghasilkan suatu model otomatis dari sekumpulan data.

Menurut Dian Ade Kurnia, M.Kom “yang menarik untuk diketahui adalah bagaimana Search Engine dapat menemukan semua bentuk informasi, hal ini dikarenakan ada sesuatu yang mampu berfikir, melihat dan memberi saran kepada Search Engine, ada sesuatu yang CERDAS yang ditanamkan di dalam setiap Search Engine yang dinamakan dengan AI / Artificial Intelligence

AI / Artificial Intelligence itu sendiri merupakan sebuah konsep umum tentang bagaimana membuat mesin-mesin yang mampu “berpikir” secara cerdas (smart machine) seperti layaknya manusia, atau mesin yang mampu belajar dari berbagai input yang diberikan kepadanya. Sehingga menghasilkan outcome yang “akurat”. (RifkiePrimartha, 2018)

Sementara ML / Machine Learning merupakan Software dengan Algoritma tertentu yang ditanamkan pada sebuah mesin yang mampu berfikir berdasarkan algoritma tersebut. ML / Machine Learning adalah hasil implementasi dari AI / Artificial Intelligence atau sebuah sistem komputer yang mampu melakukan pekerjaan dimana pekerjaan tersebut memerlukan kecerdasan manusia, seperti visual perception, speech recognition, decision making dan penerjemahan bahasa. Perlu diketahui pula tools untuk belajar Machine Learning adalah Rapidminer, WEKA, Data Mining and Machine Learning, dan Python.

“Semoga dengan adanya Workshop ini semua lapisan masyarakat, IKM/UMKM, dan yang bergerak dalam instansi perekonomian, pendidikan maupun kesehatan untuk bersama-sama bertransformasi digital, karena akan sangat berdampak positif apabila diimplementasikan dengan baik” Pungkasnya.