PELAKSANAAN WISUDA XVIII

CIREBON, IKMI.AC.ID – Dilansir dari laman radarcirebon.id, STMIK IKMI Cirebon telah mewisuda total sebanyak 270 wisudawan/wati yang bertempat di Ball Room Hotel Apita Cirebon (Rabu, 15 November 2023), yang terdiri dari 136 orang Sarjana Komputer dari Program Studi Teknik Komputer, dan 134 orang Ahli Madya Komputer terdiri dari Program Studi Manajemen Informatika (D3) berjumlah 75 orang lulusan serta dari Program Studi Komputerisasi Akuntansi (D3) berjumlah 59 orang lulusan. Para Sarjana Komputer dan Ahli Madya Komputer tersebut resmi dilantik secara langsung oleh Ketua STMIK IKMI Cirebon Bapak Dr. Dadang Sudrajat, S.Si., M.Kom.

Dalam laporannya Bapak Dr. Dadang Sudrajat menyampaikan bahwa STMIK IKMI Cirebon telah berkontribusi dalam pencapaian 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Delapan indikator tersebut di antaranya adalah Magang/Praktik kerja sebanyak 20 orang, pertukaran mahasiswa sebanyak 580 orang terdiri dari 29 orang lintas universitas diluar pulau dan 558 mahasiswa lintas intra prodi dalam satu kampus, kegiatan kewirausahaan sebanyak 49 mahasiswa.

Selanjutnya kegiatan studi independen sebanyak 61 mahasiswa, kegiatan dosen di luar kampus sebagai trainer/instruktur pada skema Junior Web Developer (JWD) dan Junior Network Administrator (JNA) Program VSGA Digital Talent Scholarship bekerjasama dengan Balai Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Ada pula program Praktisi Mengajar di dalam kampus, melalui kegiatan program praktisi mengajar gelombang 2 dengan melibatkan 6 praktisi, dan gelombang 3 dengan melibatkan 5 praktisi. Hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat atau mendapatkan rekognisi internasional melalui international conference dan publikasi internasional.

Program lainnya yaitu prestasi Mahasiswa dan Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) sebanyak 19 orang yaitu Juara 3 Nasional Olimpiade Matematika Tingkat mahasiswa, Peserta terbaik nasional program Vocational Scholarship Graduate Academy (VSGA) Kementerian Komunikasi dan Informatika, Nominasi 10 besar Learn-A-Thon Cybersecurity Indonesia Tahun 2023.

Bapak Dr. Dadang Sudrajat juga menyinggung tentang perkembangan teknologi, terutama dalam dunia Artificial Intelligence (AI). Menurutnya, dunia saat ini adalah dunia di mana AI telah menjadi kekuatan besar yang membentuk berbagai aspek kehidupan.

“STMIK IKMI Cirebon telah berkomitmen untuk mempersiapkan para mahasiswa dan lulusannya untuk menghadapi masa depan ini dengan bijak dan berdaya saing,” tuturnya.

Diakuinya, teknologi AI telah mengubah segala hal, dari cara bekerja, berkomunikasi, hingga cara belajar. Tentu ini memberikan tantangan besar, tetapi juga membuka pintu untuk peluang luar biasa. Tantangannya adalah untuk memanfaatkan teknologi ini dengan bijak dan etis, sedangkan peluangnya adalah untuk menciptakan perubahan positif yang akan membentuk dunia baru yang lebih cerdas dan terhubung.

Lulusan STMIK IKMI Cirebon memiliki pengetahuan dan pemahaman yang mendalam tentang AI. Memiliki potensi untuk menjadi pemimpin dalam mendorong inovasi dan perubahan yang akan membentuk masa depan. Namun ia mengingatkan bahwa teknologi AI hanya alat.

 “Bagaimana kita menggunakannya, apa yang kita lakukan dengannya, adalah keputusan kita. Para wisudawan telah diberikan landasan etika dan nilai-nilai yang kuat. Saya menyerukan kepada saudara untuk selalu menggunakan pengetahuan dan keahlian saudara dengan pertimbangan etis. Jadilah agen perubahan yang membawa kebaikan bagi masyarakat dan dunia,” ungkap Dr Dadang Sudrajat.

Video kegiatan wisuda dapat ditonton di laman https://www.youtube.com/live/wzw4Soq5p6o?si=g1TwcWcYUSDOSEef  (RK).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *