STMIK IKMI CIREBON PERKUAT KEAMANAN SIBER NASIONAL

CIREBON, IKMI.AC.ID – Salah satu langkah strategis dalam peningkatan keamanan siber yaitu dengan pengembangan Security Operating Center (SOC) yang akan menjadi pondasi bagi Lembaga Academy Computer Security Incident Response Team (ACAD-CSIRT). Inisiatif ini merupakan bagian dari upaya institusi dalam mengantisipasi dan menanggapi ancaman keamanan siber yang berkembang.

Foto bersama peserta workshop SOC for ACAD-CSIRT (Dok. Istimewa)

Di era digital saat ini, keamanan siber menjadi prioritas utama bagi institusi pendidikan. STMIK IKMI Cirebon mengakui pentingnya memiliki infrastruktur yang tangguh untuk menghadapi tantangan keamanan siber. Pengembangan SOC ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan institusi dalam mendeteksi, menganalisis, dan merespons insiden keamanan siber secara efisien.

Kedepannya STMIK IKMI Cirebon akan melengkapi sebuah Laboratorium Security Operating Center (SOC) yang didukung dengan teknologi terkini dan tim ahli keamanan siber yang berpengalaman. Fasilitas ini akan memantau dan mengevaluasi aktivitas jaringan secara real-time, memberikan perlindungan proaktif terhadap ancaman siber.

Sejalan dengan pengembangan SOC, STMIK IKMI Cirebon telah membentuk Lembaga Academy CSIRT. Ini akan menjadi pusat pelatihan dan penelitian dalam bidang keamanan siber, yang bertujuan untuk mengembangkan keahlian mahasiswa dan profesional dalam menangani insiden keamanan siber.

Inisiatif ini didukung oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah, industri, dan komunitas keamanan siber. Kerjasama ini menunjukkan komitmen bersama dalam memperkuat ekosistem keamanan siber nasional.

“Persiapan untuk membentuk SOC ACAD-SIRT STMIK IKMI Cirebon sebagai SOC yang ke 2 se Indonesia setelah Swiss German University (SGU)” tutur Dr. Dadang Sudrajat, S.Si, M.Kom selaku Ketua STMIK IKMI Cirebon dalam kegaitan acara Workshop Security Operation Centre (SOC) for Academy Computer Security Incident Response Team (ACAD CSIRT) tanggal 27 Nopember 2023, di Laboratorium SOC ACAD-SIRT Swiss German University (SGU) Jakarta.

Kegiatan Workshop SOC for ACAD CSIRT, 27 Nopember 2023 (Dok. Istimewa)

Dengan pengembangan SOC dan Lembaga ACAD CSIRT, STMIK IKMI Cirebon tidak hanya meningkatkan keamanan internalnya tetapi juga memberikan kontribusi signifikan dalam komunitas keamanan siber nasional. (DAK)

One thought on “STMIK IKMI CIREBON PERKUAT KEAMANAN SIBER NASIONAL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *