BUKBER: Hikmah Dan Manfaat

CIREBON, IKMI.AC.ID – Tradisi Buka Puasa Bersama (Bukber) tidak hanya sekadar momen untuk menikmati hidangan bersama. Bukber di bulan Ramadan yang penuh berkah ini sarat dengan hikmah dan manfaat. Buka puasa bersama yang diselenggarakan oleh sivitas akademika STMIK IKMI Cirebon pada Rabu, (27/03/2024) bertempat di Aula kampus, menjadi ajang untuk mempererat silaturahmi antar dosen, staf, dan mahasiswa sebagaimana anjuran dalam QS. Ali Imran ayat 103 untuk saling mempersaudara dan memperkuat persatuan.

“Dan berpegangteguhlah kamu semuanya pada tali Allah dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (berada) sebagai musuh-musuh, kemudian Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah orang-orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, kemudian Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.”

Tausiyah dan Do’a Acara Buka Bersama (dok. RK)

Pada ayat ini Allah memerintah kaum mukmin menjaga persatuan dan kesatuan. Dan berpegangteguh serta berusaha sekuat tenaga agar kita semuanya bantu-membantu untuk menyatu pada tali (agama) Allah, agar kita tidak tergelincir dari agama tersebut. Janganlah bercerai berai, saling bermusuhan dan mendengki, karena semua itu akan menjadikan kita lemah dan mudah dihancurkan.

Pererat tali silaturahim (dok. RK)

Selain itu, bukber juga menumbuhkan rasa kepedulian dan solidaritas, serta meningkatkan motivasi dan semangat belajar. Tak ketinggalan, bukber dapat menjadi ajang untuk memperkuat nilai-nilai keislaman melalui tausyiah, kajian agama, atau kegiatan bermanfaat lainnya.

Dalam hadist riwayat Ibnu Abbas menyebutkan bahwa :

“Barangsiapa yang memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikitpun.” (HR. Tirmidzi)

Suasana Buka Puasa Bersama (dok. RK)

Kegiatan buka puasa bersama di civitas akademika STMIK IKMI Cirebon memiliki banyak hikmah dan manfaat, di antaranya mempererat silaturahmi, menumbuhkan rasa kepedulian dan solidaritas, meningkatkan motivasi dan semangat belajar, serta memperkuat nilai-nilai keislaman. Tradisi ini menjadi bagian penting dalam memeriahkan bulan Ramadan dan meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan civitas akademika STMIK IKMI Cirebon. (RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *