Gemilang! Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon Raih Medali di Kompetisi NetAcad Riders Round 1

CIREBON, IKMI.AC.ID – Kabar menggembirakan datang dari Bapak Martanto, M.Kom., Dosen Cisco Academy STMIK IKMI Cirebon. Tiga mahasiswa bimbingannya berhasil meraih medali di ajang APJC NetAcad Riders Competition 2024 – Round 1, sebuah kompetisi bergengsi di bidang jaringan komputer yang diadakan oleh Cisco Academy Indonesia.

APJC NetAcad Riders Competition adalah kompetisi tahunan yang diadakan oleh Cisco Academy untuk mahasiswa di wilayah Asia Pasifik dan Jepang. Kompetisi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa di bidang jaringan komputer, serta mempersiapkan mereka untuk memasuki dunia kerja.

Kompetisi ini dibagi menjadi dua babak, yaitu babak penyisihan dan babak final. Babak penyisihan dilakukan secara online, sedangkan babak final dilakukan secara offline di tempat yang ditentukan oleh Cisco Academy Indonesia.  

Setiap Cisco Academy dapat mengirimkan wakilnya dengan syarat ada siswa yang mengikuti pembelajaran di Academy tersebut 1 orang peserta mewakili 100 orang siswa di tahun sebelumnya. Setiap peserta wajib lulus ujian CCNA dengan materi CCNA Introduction to Network, CCNA Switching, Routing and Wirelles Essential dan CCNA  Enterprise Network, Security and Automation.

Cisco academy sendiri adalah sebuah wadah yang didirikan pada tahun 1997 oleh perusahaan jaringan ternama dari California Amerika Serikat dengan tujuan untuk mendidik dan melatih siapa saja agar siap untuk mengkonfigurasi perangkat-perangkat jaringan dengan merk Cisco. Cisco Academy sudah bekerjasama dengan akademi di seluruh dunia yang saat ini sudah berjumlah 11.700 Academy. Di Indonesia sendiri terdapat 55 Cisco Academy yang terdiri dari 13 Academy tingkat SMK dan 42 Academy tingkat Perguruan Tinggi. STMIK IKMI Cirebon adalah salah satu perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan Cisco Academy sejak tahun 2006.

Pada tahun 2024 ini, STMIK IKMI Cirebon mengirimkan wakilnya sebanyak 10 peserta. Masing-masing peserta mewakili 100 mahasiswa STMIK IKMI Cirebon. Prestasi ini sejalan dengan visi dan misi STMIK IKMI Cirebon yaitu menjadi Sekolah Tinggi Unggulan di bidang ilmu komputer berbasis Artificial Intelligence yang mengangkat kearifan lokal di wilayah Ciayumajakuning pada tahun 2025.

Pada ajang kompetisi NetAcad Riders Round 1 ini, tiga perwakilan mahasiswa STMIK IKMI Cirebon dari Progam Studi Teknik Informatika yaitu Hajijin Amri, berhasil meraih Medali Perak. Sementara itu, Bertio Fajar Pratama dan Ujang Supriatna, masing-masing meraih Medali Perunggu. Kompetisi ini diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai Cisco Academy di seluruh Indonesia. Para peserta diuji kemampuannya dalam memahami konsep jaringan komputer, konfigurasi perangkat jaringan, dan pemecahan masalah jaringan.

ri
Hajijin Amri – Peraih Medali Perak
Bertio Fajar Pratama – Peraih Medali Perunggu
Ujang Supriatna – Peraih Medali Perunggu

Pencapaian ini merupakan hasil dari dedikasi dan kerja keras para mahasiswa, serta bimbingan dari dosen dan staf Cisco Academy STMIK IKMI Cirebon. Prestasi ini menunjukkan bahwa STMIK IKMI Cirebon berkomitmen untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdaya saing di bidang teknologi informasi dan komunikasi.

Ketua STMIK IKMI Cirebon, Dr. Dadang Sudrajat, S.Si., M.Kom, menyatakan rasa bangganya atas prestasi para mahasiswanya. “Ini adalah bukti bahwa STMIK IKMI Cirebon mampu melahirkan generasi muda yang berprestasi dan siap berkontribusi dalam kemajuan bangsa,” ujarnya.

Beliau juga berharap prestasi ini dapat memotivasi mahasiswa lain untuk terus belajar dan mengembangkan diri. “Jangan cepat puas dengan apa yang telah diraih, teruslah belajar dan berlatih agar dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi,” tambahnya. (MAR-RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *