stmik_ikmi@yahoo.com (0231) 490480

SELEKSI JOINT DEGREE BACHELOR of COMPUTER SCIENCE DENGAN NPIC

Tanggal Publish :

19-Jul-2019

Konten Berita :

STMIK IKMI Cirebon telah menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi luar negeri salah satunya adalah dengan National Polytecnic Institut Cambodia (NPIC) http://www.npic.edu.kh/,  sejak tahun 2011. NPIC adalah sebagai perguruan tinggi NEGERI yang ada di Cambodia , yang memiliki luas tanah dan gedung 10 hektar dan memiliki 9 Fakultas , salah satunya Fakultas  Computer Science (Ilmu Komputer). Setiap tahunnya STMIK IKMI Cirebon mengirim 5-10 orang mahasiswa untuk belajar Ilmu Komputer melalui Program Joint Degree. Apa itu program Joint Degree  ? Joint Degree adalah program kerjasama pertukaran mahasiswa dengan Gelar Ganda pada program studi yang sejenis, artinya jika mahasiswa Teknik Informatika melanjutkan kuliahnya pada semester 7 dan 8 di NPIC, maka akan mendapatkan gelar Bachelor Computer Science (B.Cs) dari NPIC dan gelar Sarjana Komputer (S.Kom) dari STMIK IKMI Cirebon.

Keuntungan dari program joint degree ini adalah

1) Pengalaman berangkat kuliah ke Luar Negeri,

2) Menumbuhkan tingkat kemandirian dalam kehidupan,

3) Bahasa Inggris menjadi lebih lancar,

4) Waktu studi lebih cepat 1 tahun dibandingkan dengan angkatannya,

5) Keterlibatan berbagai kegiatan kenegaraan melalui Duta Besar Indonesia di Kamboja, dll.

 

 

Penerimaan untuk tahun 2019 ini dimulai dari tahapan sosialisasi, pendaftaran / peminatan, seleksi wawancara, seleksi tertulis dan penetapan. Sosialisasi dilakukan untuk program studi Teknik Informatika Angkatan 2017 , dan yang mengikuti tahapan pendaftaran/peminatan sebanyak 20 orang, seleksi wawancara dilakukan oleh Tim Akademik STMIK IKMI Cirebon teseleksi sebanyak 11 orang, seleksi tertulis bahasa Inggris dilakukan oleh Mr. Ith Vuthy, M.Sc, MA, sebagai perwakilan dari Minstry of Education, Youth and Sport, Kingdom of Cambodia, terseleksi sebanyak 7 orang , antara lain

1) Ibnu Soffyan Tsauri,

2) Taufian Sail Al Khudri,

3) Ryan Aprianto,

4) Gilang Ramadhan,

5) Ovie Widyastuti,

6) Ikwan Maulana,

7) Muhamad Rivan Shidiq.

Dari hasil seleksi wawancara dan seleksi tertulis akan dirumuskan untuk penetapan mahasiswa yang Lolos ke NPIC, selain itu akan dipertimbangkan dukungan dari orang tua mahasiswa. Keberangkatan study ke NPIC Cambodia akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2019.

 

 

Di publish oleh :

Administrator