stmik_ikmi@yahoo.com (0231) 490480

STMIK IKMI Terbitkan Jurnal ICT

Tanggal Publish :

14-Nov-2019

Konten Berita :

KESAMBI – STMIK IKMI Cirebon menerbitkan Jurnal Information Communication and Technology (JICT) sebagai wadah publikasi penelitian yang dilakukan dosen dan mahasiswa. Menuju jurnal bereputasi Internasional, IKMI telah menduduki evaluasi diri Science Technology Index (Sinta) ke-3.

Chief Editor (JICT) Dian Ade Kurnia mengatakan, dalam rangka reputasi jurnal, harus lebih dulu melakukan akreditasi untuk menuju sebuah artikel yang dimuat ke dalam jurnal bereputasi. “Misalnya artikel dimuat di sebuah jurnal yang terakreditasi, maka otomatis artikel itu sangat memiliki reputasi. Artinya, mutunya baik,” kata Dian, yang penelitiannya pernah dipublikasikan dan terindex Scopus dengan nomer ID: 57211226997 kepada Radar, kemarin (13/11).

Kurang dari sepekan terakhir, IKMI tengah melakukan proses usulan akreditasi dengan melakukan evaluasi diri melalui Akreditas Jurnal Nasional (Arjuna). Evaluasi diri itu, telah menduduki Sinta 3. Sinta adalah pemeringkatan akreditasi. Sementara Arjuna bisa diartikan sebagai instrument-instrumen akreditasi melalui akreditasi jurnal tersebut.

“Peringkat Sinta, dari 1 sampai 6. Alhamdulillah kita sudah bagus berada di ranking 3 dengan point 69,50 dan mudah-mudahan tidak turun,” katanya.

Dian terus menargetkan untuk menaikkan reputasi JICT menjadi jurnal internasional. Mengapa demikian? Karena jurnal internasional, kata dia, reviewernya mengharuskan dari 3 negara dengan menggunakan bahasa internasional.

“Semakin banyak penelitian dari luar yang dipublikasikan di JICT, maka reputasinya semakin naik. Kedepannya kita harus tetap konsisten untuk meningkatkan akses atau perluasan publikasi ini,” tukasnya.

Dikatakan, sebagai masyarakat ilmiah, akademisi atau mahasiswa wajib untuk menjalankan amanah tri darma perguruan tinggi. Salah satu bidangnya adalah penelitian yang dipublikasikan. “Publikasi itu harus ada wadah yang termuat di dalam jurnal. Oleh karena itu, IKMI menerbitkanJICT,” pungkasnya.

Melalui jurnal yang dipublikasikan, diharapkan masyarakat bisa membaca dan mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat terutama yang berhubungan dengan ilmu komputer atau informatika. Seperti data mining, intelligent system, pemrograman, software engineering, dan semacamnya. (ade)

ADE GUSTIANA / RADAR CIREBON

Di publish oleh :

Administrator