stmik_ikmi@yahoo.com (0231) 490480

Mahasiswa STMIK IKMI Double Degree di Kamboja

Tanggal Publish :

21-Nov-2019

Konten Berita :

KESAMBI – Delapan Mahasiswa STMIK IKMI Cirebon terbang ke Kamboja untuk meneruskan kuliah program Double Degree di National Polytechnic Institute of Cambodia (NPIC). Selama 1 tahun mereka akan menyelesaikan pendidikan dan lulus dengan 2 gelar yang diakui 2 negara.

Mereka adalah mahasiswa Semester 5 Teknik Informatika. Terbang ke Kamboja dari Bandara Soekarno Hatta, Rabu (20/11). Mahasiswa yang terpilih sebelumnya telah lolos beberapa tahapan seleksi yang dipersyaratkan. Salah satunya adalah pengusaan bahasa Internasional, Bahasa Inggris.

STMIK IKMI telah bekerjasama lama dengan NPIC. Angkatan tahun sebelumnya, telah banyak mahasiswa yang mengikuti program yang sama. Selama menempuh pendidikan, kebutuhan hidup dan tempat tinggal mahasiswa ditanggung pihak kampus yang menjalin kerjasama. Mahasiswa disana melanjutkan kuliah program study IT Engineering. “Kalau di IKMI-nya, IT Engineering sama dengan Teknik Informatika,” kata Kepala Kantor Urusan Internasional STMIK IKMI Cirebon, Mulyawan kepada Radar, kemarin (20/11).

Dikatakan Mulyawan, NPIC merupakan perguruan tinggi negeri di Kamboja. Dengan kampus yang luas dan fasilitasnya yang lengkap. Salah satu syarat perguruan tinggi bisa bekerjasama, kata Mulyawan, harus ada persamaan kurikulum antar 2 perguruan tinggi tersebut, minimal 50 persen.

Karena program join degree atau double degree, mahasiswa yang lulus akan mendapatkan 2 gelar sekaligus. Yakni Sarjana Komputer (SKom) dari Indonesia, dan Bachelor of Science (BSc) dari perguruan tinggi di Kamboja.

Selama 1 tahun, mahasiswa juga diberikan waktu untuk menyusun skripsi hingga melakukan sidang. Dan ketika nanti pulang ke kampus asal, STMIK IKMI Cirebon, mereka hanya tinggal melakukan wisuda bersama teman-teman seangkatannya.

“Program join degree atau double degree memang ada peraturannya dari Kemenristekdikti tentang kerjasama kampus dalam dan luar negeri. Selain dengan kamboja, STMIK IKMI Cirebon juga telah melakukan kerjasama sekitar dengan 34 perguruan-perguruan tinggi di dunia, seperti China dan Korea,” ujar Mulyawan. (ade)

ADE GUSTIANA / RADAR CIREBON

 

Di publish oleh :

Administrator