Menyambut Hari Bumi 2024: Refleksi Ciptaan Allah dan Peran Kita

Hari Bumi, yang diperingati setiap tanggal 22 April, merupakan momen penting untuk merefleksikan hubungan manusia dengan planet yang kita huni ini. Lahirnya peringatan ini dilatarbelakangi oleh kesadaran global terhadap isu lingkungan hidup yang kian mengkhawatirkan.

Pada tahun 1970, Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson, yang berlatar belakang pengajar lingkungan hidup, mempelopori gerakan Hari Bumi pertama. Tanggal 22 April dipilih karena bertepatan dengan musim semi di belahan Bumi utara dan musim gugur di belahan selatan, menandakan awal musim yang baru dan semangat untuk perubahan.

Senator Amerika Serikat, Gaylord Nelson – Bapak Hari Bumi (Foto. americanforests.com)

Di tahun 2024 ini, tema Hari Bumi adalah “Investasi di Bumi Kita”, menekankan pentingnya aksi kolektif untuk mengatasi krisis iklim dan membangun masa depan yang berkelanjutan.

Bagi umat Islam, Hari Bumi juga menjadi pengingat akan keagungan ciptaan Allah SWT. Bumi, sebagai tempat tinggal manusia, diciptakan dengan begitu sempurna, sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran:

“Dan Dia menciptakan bumi untuk kalian sebagai tempat berpijak dan sebagai sarana penghidupan; dan di situ terdapat berbagai macam buah-buahan yang berlain-lain rasanya, yang kalian makan dan daripadanya kalian mengambil makanan untuk ternak kalian.” (QS. Al-A’raf: 25)

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda:

“Siapapun yang menanam pohon, maka dia akan mendapatkan pahala dari setiap buah yang dimakan oleh burung, manusia, dan hewan ternak darinya.” (HR. Ahmad)

Ilustrasi Bumi (Foto. pict.sindonews.net)

Ayat dan hadist di atas menjadi landasan bagi umat Islam untuk menjaga dan melestarikan Bumi. Kita diperintahkan untuk memanfaatkan sumber daya alam dengan bijak dan bertanggung jawab, serta menjaga kelestarian lingkungan.

Bagaimana Kita Bisa Berperan?

Peringatan Hari Bumi 2024 menjadi kesempatan bagi kita semua untuk mengambil peran dalam menjaga Bumi. Berikut beberapa langkah yang bisa kita lakukan:

  • Hemat energi: Matikan lampu dan peralatan elektronik saat tidak digunakan, gunakan transportasi umum atau bersepeda, dan pilihlah produk hemat energi.
  • Kurangi sampah: Bawalah tas belanja sendiri, hindari penggunaan plastik sekali pakai, dan pilah sampah untuk didaur ulang.
  • Tanam pohon: Menanam pohon membantu menyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen, sehingga membantu memerangi perubahan iklim.
  • Gunakan produk ramah lingkungan: Pilihlah produk yang terbuat dari bahan yang berkelanjutan dan tidak mencemari lingkungan.
  • Daur ulang: Daur ulang sampah dapat membantu mengurangi jumlah sampah yang dibuang ke tempat pembuangan akhir dan menghemat sumber daya alam.
  • Sebarkan kesadaran: Edukasi orang lain tentang pentingnya menjaga Bumi dan ajak mereka untuk terlibat dalam aksi pelestarian lingkungan.

Mari jadikan Hari Bumi 2024 sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam menjaga Bumi, rumah bersama bagi seluruh makhluk hidup. Dengan aksi nyata dan kolaborasi dari semua pihak, kita dapat menciptakan masa depan yang lebih lestari dan berkelanjutan.

Save the earth (Foto. IStock)

Ingatlah, Bumi adalah titipan Allah SWT. Merawatnya adalah tanggung jawab kita bersama. (RK)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

?>